Istana Sungai Sampit, Potensi Wisata Kotim

Diposting pada 05 January 2018

Istana Sungai Sampit, Potensi Wisata Kotim

Bagendang (03/01) – Bertempat di Pasar Selasa Jalan Raja Desa Bagendang Hulu, untuk pertama kalinya dilaksanakan Peringatan Haul Besar Raja Bungsu Kerajaan Sungai Sampit. Hadir dalam acara ini Plt. Sekda Kotim Halikinnor beserta Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kotim Fajrurahman.

Menurut legenda rakyat setempat yang masih hidup hingga sekarang, menyebutkan bahwa Sampit pada masa itu berbentuk sebuah kerajaan bernama Kerajaan Sungai Sampit dan diperintah oleh Raja Bungsu. Sang Baginda Raja Bungsu memiliki dua orang anak yang bernama Lumuh Sampit berjenis kelamin laki-laki dan Lumuh Langgana berjenis kelamin perempuan. Diceritakan kerajaan Sungai Sampit sudah melewati masa kejayaan dan akhirnya musnah akibat perebutan kekuasaan yang terjadi antara kedua orang saudara tersebut.

 

                    

 

Berdasarkan penelusuran, situs Kerajaan Sungai Sampit berada di Desa Bagendang Permai  yaitu berdekatan dengan PT. Indo Balambit. Pada situs tersebut, ditemukan bukti-bukti sejarah Kerajaan Sungai Sampit antara lain tiang bendera kapal kerajaan yang terbuat dari bongkahan kayu ulin besar. Terkubur lumpur tepat dibawah demaga sungai PT. Indo Balambit tersebut, bukti sejarah ini ditemukan oleh masyarakat dan hingga saat ini masih dijaga kelestariaannya. Bukti lain yang juga menguatkan dugaan adanya situs sejarah Kerajaan Sungai Sampit adalah dengan ditemukannya juga keramik-keramik yang menunjukkan adanya peradaban Kerajaan Sungai Sampit pada masa lalu. Dari bukti-bukti yang ditemukan, dapat diketahui pada masa itu telah ada perdagangan dengan bangsa dan pedagang yang berasal dari negara Cina, India dan Portugis.

 

             

 

Peringatan ini juga didukung oleh Pemerintah Daerah karena mengandung nilai historis keberadaan kota Sampit. Hal ini dapat dilestarikan sebagai potensi wisata sejarah yang sinergis dengan program pemerintah daerah Kabupaten Kotawaringin Timur yaitu Sampit Kota Tujuan Wisata. (Pro-KP/mo)


Posted by Admin Rahma

Categories : Artikel

0 Komentar

Kirim Komentar